Home » , , » Pilgub Riau II - Quick Count 3 Lembaga Survei

Pilgub Riau II - Quick Count 3 Lembaga Survei

Hasil Quick Count Pilkada Provinsi Riau Putaran KeduaHasil Quick Count Pilgub Riau Putaran Kedua - Tiga lembaga survey siap melakukan Quick Count atau penghitungan cepat pada saat Pemilihan Gubernur Riau putaran kedua. Untuk itu ketiga lembaga survey ini sudah minta izin kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau. Ketiga lembaga survey tersebut adalah Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Wilayah Riau, Indo Barometer, dan Survey Indonesia.

Ketua KPU Riau, Tengku Edy Sabli, dalam keterangannya, Rabu (13/11), di Pekanbaru, membenarkan adanya ketiga lembaga survey yang meminta izin ke pihaknya untuk melakukan quick count tersebut. "Pada dasarnya kita mendukung mereka untuk melakukan quick count," ujarnya. Hanya saja, menurut Edy Sabli, bukan berarti hasil dari pernghitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survey itu bisa dijadikan acuan untuk Pilgub Riau putaran kedua nanti. Adapun yang menjadi acuan, adalah hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU. "Kita akan memberikan data-data yang mereka butuhkan seperti jumlah TPS, DPT dan lainnya," jelas Edy Sabli.


Karena itu, dia menyebutkan KPU tidak akan bertanggungjawab atas hasil penghitungan cepat yang dilakukan lembaga survey tersebut. Lembaga itulah yang bertanggungjawab sepenuhnya dengan hasil penghitungan yang mereka lakukan. Menurut dia, disini KPU hanya memberi dukung dan akan membantu. Dalam hal ini memberikan bantuan berupa data jumlah TPS dan DPT. "Kita hanya membantu memberikan data yang mereka butuhkan, jadi bukan bekerjasama dengan kita," tegasnya. Adapun lembaga survey yang menyatakan akan melakukan penghitungan cepat itu adalah Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Wilayah Riau, Indo Barometer dan Survey Indonesia.

Hasil Quick Count Pilkada Provinsi Riau Putaran Kedua 2013 #Untuk Hasil Quick Count Pilkada Riau Putaran Kedua - Lihat Disini : Hasil Pilkada Riau Putaran Kedua

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau Edy Sabli menyatakan saat ini telah bertambah lembaga yang melakukan hitung cepat Pilkada Riau menjadi tiga lembaga. “Kami beritahukan bahwa ada tiga lembaga yang melakukan “Quick Count” atau hitung cepat. Setelah sebelumnya ada Indo Barometer dan AIPI, sekarang bertambah lagi lembaga Suara Indonesia,” kata Edy Sabli di Pekanbaru, Senin (18/11). Ketiga lembaga tersebut menurut Edy Sabli telah mengajukan surat permohonan izin dan permintaan data kepada KPU.

Pada prinsipnya KPU menyetujui dan sangat mendukung pelaksanaan hitung cepat. Tiga lembaga tersebut juga telah berkonsultasi dengan KPU mengenai data penyelenggaraan dari tingkat TPS sampai Provinsi. Namun yang yang harus diperhatikan menurut Edy Sabli adalah KPU tidak bertanggung jawab mengenai hasil dari hitung cepat tersebut. KPU penghitungannya tetap melalui rapat pleno rekapitulasi. AIPI UR (Asosiasi Ilmuwan Politik Indonesia Universitas Riau) melakukan hitung cepat atas nama lembaga yang didalamnya para akademisi.

Sedangkan Indo Barometer dan Suara Indonesia merupakan lembaga survey nasional yang telah berpengalaman melaksanakan hitung cepat di Indonesia. Indo Barometer sendiri adalah pelaksana hitung cepat pada saat Pilkada Bupati Indragiri Hilir yang bertepatan juga dengan Pilkada Riau putaran pertama 4 September lalu. Hasil hitung cepat yang dilakukannya pada saat itu hanya beda tipis sekali dengan hasil penghitungan manual.

Pada Pilkada Riau putaran pertama lalu tidak ada lembaga independen yang melakukan hitung cepat. Malah yang melakukan adalah tim sukses pasangan masing-masing calon melalui saksi-saksi di TPS atau mereka sebut “real count”. Hasilnya masing-masing calon mengklaim kemenangan sehingga membuat masyarakat bingung. Sementara KPU hanya melakukan hitung manual yang harus ditunggu selama 10 hari. Dalam pleno penghitungan suara tidak ada pasangan mencapai suara lebih dari 30 persen sehingga diharuskannya menggelar Pilkada putaran kedua.

Pertarungan akan melibatkan dua pasangan yang memperoleh suara teratas. Dua pasangan yang akan bertarung tersebut adalah Herman Abdullah-Agus Hidayat dan Annas Maamum-Arsyadjuliandi Rachman. (Antara/juanda) Hasil Quick Count Pilkada Provinsi Riau Putaran Kedua 2013 


 Sumber : all.cengkrama.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan

alt/text gambar

Postingan Lainya

Anda Pengunjung Ke

Pengikut

!--Slidbox -->

Translate

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sepakat Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger