Home » » Bagai Mana Melihat RPM dari Hardisk ?

Bagai Mana Melihat RPM dari Hardisk ?



Apakah yang dimaksud dengan RPM ? RPM merupakan satuan menghitung kecepatan dari sebuah hard disk. RPM biasa disebut juga dengan Rotary Per Minute atau Kecepatan Putar Motor memutar piringan hdd dalam 1 menit.
Suatu saat kita akan membeli hard disk baru untuk eksternal Drive ataupun juga ekstensi Hard Drive pada PC. Perbedaan kecepatan putaran hdd sangat mempengaruhi hasil yang didapat. HDD memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Angka yang paling populer adalah 5400 RPM dan 7200 RPM. Dari angka diatas berarti hdd kita memiliki kecepatan 5400 putaran dalam 1 menit atau 7200 putaran dalam 1 menit.
Apa juga hubungan RPM dengan Laptop dan PC Dekstop kita ? Semakin cepat kecepatan putar hdd berarti juga semakin cepat data dapat diolah oleh Komputer.
Dari perbedaan tersebut jelas bahwa angka 7200 RPM memiliki kecepatan jauh lebih cepat dibanding 5400 RPM. Ini merupakan kecepatan standar bagi pengguna dekstop ataupun laptop. Jika menggunakan server kecepatan ini kurang memadai. Seharusnya kita menggunakan 10K atau 15K RPM.
Bagaimana kita mengetahui kecepatan tersebut ? Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan, antara lain :
(1) Melihat Label pada HDD

Cara ini yang paling mudah kita lakukan. Tetapi akan sedikit merepotkan jika hdd sudah terpasang pada laptop ataupun PC Desktop. Karena akan membuka chasing.
Anda tinggal lihat seperti gambar tanda yang diberi panah. Berarti kecepatan hdd kita adalah 7200 RPM.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan

alt/text gambar

Postingan Lainya

Anda Pengunjung Ke

Pengikut

!--Slidbox -->

Translate

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sepakat Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger